Kamis, 06 September 2018

Tugas M4 Kb 4


1.      Akses terhadap buku manual salah satu jenis dan merek alat berat, gambarkan skema sistem pemindah dayanya secara urut beserta cara kerjanya
Skema power train pada Forklif truck komatsu type FD 35Z/40Z-6 baik Model Kopling manual ataupun Torque converter
FD : Forklif dengan bahan bakar diesl
FG : Forklif dengan bahan baka Gasolin/bensin
Gambar assembly ada dibawah
 
a.      Pada saat mesin menyala/hidup maka akan mengerakkan fleewheel dan input shaft transmisi dan mengerakkan konter gear transmisi.
b.      Pada saat pedal kopling diinjak maka akan membebaskan  plat kopling  dari putaran/jepitan  rumah kopling  dan flywheel sehingga  di input shaft berhenti ikut berputar selama pedal diijak Transmisi posisi netral
c.      Pada saat pedal diinjak maka stik transmisi dipindah ke gigi 1/2/3/4 /R maka putaran dari mesin diteruskan Flywheel kopling input shaft transmisi  ke counter gear ke drive shaft
d.      Dari drive shaft ini menyatu dengan rumah transmisi putaran diteruskan pinion gear 
e.      Dari pinion diteruskan ring gear
f.       Dari deferensial  putran diteruskan ke fron axle sebagai pengerak pendaraan
g.      Rear axle dikendalikan oleh wheel stering(roda kemudi)


2.      Akses salah satu buku manual alat berat, buat ringkasan perawatan dan pengujian yang harus dilakukan pada komponen-komponen sistem pemindah dayanya!
NO
BAGIAN
PERAWATAN
KESIMPULAN
1
Kopling
a.      Seminggu sekali harus menggecek tinggi pedal kopling karena sering diinjak  ketebalan kampas akan cepat aus
b.      Untuk torque konverter  cek ketingian oli hidrolik sebelum mengunakan .

2
Transmisi
a.      Periksa ketinggian oli pelumas sampai batas yang diijinkan jika kurang tambah
b.      Gunakan pelumas yang disarankan oleh pabrik
c.      Untuk Control valve jaga kondisi sekitarnya harus tetap bersih agar tidak mengangu pergerakan batang/tilt spool pengerak
d.      Ganti oli transmisi  sesuai dengan petunjuk perusahaan.

3
Deferensial
a.      Periksa ketingian oli pelumas
b.      Periksa kebocoran oli dari as roda
c.      Ganti oli gardan setiap 50000 km /3 bulan sekali dengan oli yang dianjurkan (SAE 120)

4
Fron axle
Perawatan sesuai perawatan gardan  karena jarang rusak

5
Rear axle
a.      Perawatan harus sering di cek selang/handel penarik nya  karena sering kotor oleh debu .
b.      Untuk nipel perlu sering di bersihkan atau di spet agar tidak macet



Description: D:\poto daring UNY\IMG_20180901_123036.jpg

Skema pemindah daya    keseluruhan                                      Skema dari  kopling,transmisi deferensial
Description: E:\Daring in UNY\IMG_20180905_193755.jpg         Description: E:\Daring in UNY\IMG_20180905_193829.jpg

















Konstruksi satu forklif penuh
Description: E:\Daring in UNY\IMG_20180905_194007.jpg

Skema Pembongkaran dan pemasangan Power train

Tidak ada komentar:

Posting Komentar