1.
Akses terhadap buku manual salah satu jenis dan
merek alat berat, gambarkan skema sistem pemindah dayanya secara urut beserta
cara kerjanya
Skema power train pada Forklif truck
komatsu type FD 35Z/40Z-6 baik Model Kopling manual ataupun Torque
converter
FD : Forklif dengan bahan bakar diesl
FG : Forklif dengan bahan baka
Gasolin/bensin
Gambar assembly ada dibawah

a.
Pada saat mesin menyala/hidup maka akan
mengerakkan fleewheel dan input shaft transmisi dan mengerakkan konter gear
transmisi.
b.
Pada saat pedal kopling diinjak maka akan
membebaskan plat kopling dari putaran/jepitan rumah kopling
dan flywheel sehingga di input
shaft berhenti ikut berputar selama pedal diijak Transmisi posisi netral
c.
Pada saat pedal diinjak maka stik transmisi
dipindah ke gigi 1/2/3/4 /R maka putaran dari mesin diteruskan Flywheel kopling
input shaft transmisi ke counter gear ke
drive shaft
d.
Dari drive shaft ini menyatu dengan rumah
transmisi putaran diteruskan pinion gear
e.
Dari pinion diteruskan ring gear
f.
Dari deferensial
putran diteruskan ke fron axle sebagai pengerak pendaraan
g.
Rear axle dikendalikan oleh wheel stering(roda
kemudi)
2.
Akses salah satu buku manual alat berat, buat
ringkasan perawatan dan pengujian yang harus dilakukan pada komponen-komponen
sistem pemindah dayanya!
NO
|
BAGIAN
|
PERAWATAN
|
KESIMPULAN
|
1
|
Kopling
|
a.
Seminggu sekali harus menggecek tinggi pedal
kopling karena sering diinjak ketebalan
kampas akan cepat aus
b.
Untuk torque konverter cek ketingian oli hidrolik sebelum
mengunakan .
|
|
2
|
Transmisi
|
a.
Periksa ketinggian oli pelumas sampai batas
yang diijinkan jika kurang tambah
b.
Gunakan pelumas yang disarankan oleh pabrik
c.
Untuk Control valve jaga kondisi sekitarnya
harus tetap bersih agar tidak mengangu pergerakan batang/tilt spool pengerak
d.
Ganti oli transmisi sesuai dengan petunjuk perusahaan.
|
|
3
|
Deferensial
|
a.
Periksa ketingian oli pelumas
b.
Periksa kebocoran oli dari as roda
c.
Ganti oli gardan setiap 50000 km /3 bulan
sekali dengan oli yang dianjurkan (SAE 120)
|
|
4
|
Fron axle
|
Perawatan sesuai perawatan gardan karena jarang rusak
|
|
5
|
Rear axle
|
a.
Perawatan harus sering di cek selang/handel
penarik nya karena sering kotor oleh
debu .
b.
Untuk nipel perlu sering di bersihkan atau di
spet agar tidak macet
|
|

Skema pemindah daya keseluruhan Skema
dari kopling,transmisi deferensial


Konstruksi satu forklif penuh

Skema Pembongkaran dan pemasangan Power train
Tidak ada komentar:
Posting Komentar